Thursday 2 April 2015

Worksheets

hai sobat exceli alhamdulah rumah EXCELichiro sudah memasuki pembahasan wosrkshet atau materi yang ke tiga setelah workbook, sobat exceli sebuah worksheet atau lembar kerja adalah sekumpulan sel di mana sobat exceli bisa menyimpan dan mengolah data. Secara default, setiap workbook Excel berisi tiga lembar kerja / worksheet.

memilih worksheet 

Ketika sobat exceli membuka Excel, Excel secara otomatis memilih Sheet1 untuk sobat semua. Nama worksheet muncul di tab sheet-nya di bagian bawah jendela dokumen (lihat gambar tanda pointer/cursor).

 Sheet1 
Untuk memilih salah satu dari dua lembar kerja lainnya, cukup klik pada tab lembar Sheet2 atau Sheet3.
 
Mengubah nama Lembar Kerja / worksheet

Secara default, lembar kerja diberi nama Sheet1, Sheet2 dan Sheet3. Untuk memberikan lembar kerja nama yang lebih spesifik, jalankan langkah-langkah berikut.

1. Klik kanan pada tab lembar Sheet1.

2. Pilih Rename.



Rename a Worksheet

3. For example, type Sales 2010.

Specific Name 

Menyisipkan / membuat  Lembar Kerja baru

sobat exceli ..., soabt semua dapat menambahakan atau menyisipkan lembar kerja /sheet baru sebanyak yang sobat semua inginkan. Untuk  menyisipkan lembar kerja baru, klik tab Insert Worksheet di bagian bawah jendela dokumen.


 Insert a Worksheet
hasilnya:
 Added Sheet

Menghapus / membuang Worksheet

untuk memhapus worksheet yang tidak sobat semua inginkan,  klik kanan pada tab sheet yang mau sobat delete / hapus.
1. sebagai contoh sobat mau menghapus  Sheet4, Sheet2 and Sheet3.

Delete a Worksheet
hasilnya:

One Worksheet left 

Menyalin Lembar Kerja / copy worksheet

Bayangkan, Anda sudah mendapat penjualan untuk tahun 2010 siap dan ingin membuat lembar yang sama persis untuk 2011, namun dengan data yang berbeda. Anda dapat menciptakan lembar kerja, tapi ini memakan waktu. Ini jauh lebih mudah untuk menyalin seluruh worksheet dan hanya mengubah angka.

1. Klik kanan pada tab lembar Penjualan 2010.

2. Pilih Pindah atau Salin ...

Copy a Worksheet 
Move or copy (Pindahkan atau Salin) 'kotak dialog muncul.

3. Pilih
move to end (pindah ke akhir) dan centang Create a copy ( Buat salinan).
 Dialog Box
4. Click OK.
hasinya:
 Copied Worksheet 
Catatan: sobat semua juga bisa menyalin lembar kerja ke buku kerja Excel yang lain dengan memilih buku kerja dari daftar drop-down (lihat kotak dialog yang ditampilkan sebelumnya).

oke sobat exceli demikianlah pembahasan kita untuk workshet , mudah mudahan bisa memnamha wawasan sobat exceli semua di manapun berada
wassalam

kembali ke basic excel

No comments:

Post a Comment